Pelatihan Penulisan KIR (Karya Ilmiah Remaja) Dan Jurnalistik Siswa SMAN 1 Muncar Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.928Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan dapat dimulai melalui pengembangan kemampuan dan keterampilan peserta didik. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas peserta didik pada kegiatan non akademik yang menunjang keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar. Guna menunjang keberhasilan tersebut, maka pengabdian ini berfokus pada kegiatan pelatihan keterampilan menulis karya tulis ilmiah remaja dan jurnalistik pada tim ekstrakurikuler KIR SMAN 1 Muncar. Pelatihan didampingi oleh narasumber dari tim dosen Universitas Jember. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari dengan membagi anggota tim KIR dalam dua jenis kegiatan yakni kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah remaja dan jurnalistik. Hasil dari pelatihan dikembangkan dalam bentuk bulletin sekolah. Penulisan bulletin sekolah diawali dan dimulai dengan menulis proposal dan kegiatan tersebut sudah terlaksana di kegiatan tim KIR. Hasil akhir dari pelatihan menulis adalah bulettin sekolah yang diterbitkan secara berkala sampai saat ini. Jadi dengan pelatihan menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis dibuktikan dengan adanya terbitan bulettin yang berkala di sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inno Cahyaning Tyas, Siswanto, Adenarsy Avereus Rahman , Erfan4
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).