Pelatihan Penulisan KIR (Karya Ilmiah Remaja) Dan Jurnalistik Siswa SMAN 1 Muncar Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Inno Cahyaning Tyas Universitas Jember
  • Siswanto Siswanto Universitas Jember
  • Adenarsy Avereus Rahman Universitas Jember
  • Erfan Erfan Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.928

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan dapat dimulai melalui pengembangan kemampuan dan keterampilan peserta didik. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas peserta didik pada kegiatan non akademik yang menunjang keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar. Guna menunjang keberhasilan tersebut, maka pengabdian ini berfokus pada kegiatan pelatihan keterampilan menulis karya tulis ilmiah remaja dan jurnalistik pada tim ekstrakurikuler KIR SMAN 1 Muncar. Pelatihan didampingi oleh narasumber dari tim dosen Universitas Jember. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari dengan membagi anggota tim KIR dalam dua jenis kegiatan yakni kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah remaja dan jurnalistik. Hasil dari pelatihan dikembangkan dalam bentuk bulletin sekolah. Penulisan bulletin sekolah diawali dan dimulai dengan menulis proposal dan kegiatan tersebut sudah terlaksana di kegiatan tim KIR. Hasil akhir dari pelatihan menulis adalah bulettin sekolah yang diterbitkan secara berkala sampai saat ini. Jadi dengan pelatihan menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis dibuktikan dengan adanya terbitan bulettin yang berkala di sekolah.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Tyas, I. C. ., Siswanto, S., Rahman, A. A. ., & Erfan, E. (2024). Pelatihan Penulisan KIR (Karya Ilmiah Remaja) Dan Jurnalistik Siswa SMAN 1 Muncar Kabupaten Banyuwangi. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 225–230. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.928