Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konsep & Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Simanindo

Authors

  • Mardin Silalahi Universitas Simalungun
  • Indra Jayanti Damanik Universitas Simalungun
  • Bismar Sibuea Universitas Simalungun
  • Rohdearni Wati Sipayung Universitas Simalungun
  • Benarita Purba Universitas Simalungun
  • Natanael Saragih Universitas Simalungun
  • Anita Purba Universitas Simalungun
  • Ridwin Purba Universitas Simalungun
  • Semaria Eva Elita Girsang Universitas Simalungun
  • Marhaeni Kartika Dewi Matondang Universitas Simalungun
  • Tiodora Fermiska Silalahi Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.942

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan pengetahuan konsep & kemampuan berpikir Kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Simanindo. Metode pengandian ini menggunakan pengabdian kuantitatif yang menggunakan metode pre-eksperimen dan desain kontrol pre test-post test. Populasi pengabdian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas  SMA Negeri 1 Simanindo tahun ajaran 2023/2024. . Pengabdian menghitung frekuensi dan normalitas pengujian dengan menggunakan SPSS versi 26.0. Berdasarkan data hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengujian hipotesis terhadap nilai posttest, diperoleh thitung = 8,973 > ttabel = 1,699 pada taraf signifikansi a = 0,05 dan derajat kebebasan (df) = 29, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan siswa dengan menggunakan Project Based Learning (PjBL) dan tanpa menggunakan Project Based Learning (PjBL) di SMA Negeri 1 Simanindo.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Silalahi, M. ., Damanik, I. J. ., Sibuea, B. ., Sipayung, R. W. ., Purba, B. ., Saragih, N. ., Purba, A. ., Purba, R., Girsang, S. E. E. ., Matondang, M. K. D. ., & Silalahi, T. F. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konsep & Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Simanindo. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 286–292. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.942