Edukasi Pola Asuh Ideal untuk Gen-Alpha
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.944Abstract
Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi orang tua khususnya yang memiliki anak pada periode Gen-Alpha. Kegiatan ini dilaksanakan di Kober Darul Falah, adapun metode comumunity based research digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan kualitatif. Bentuk kegiatan pengabdian ini dilakukan secara luring dengan pendekatan FGD (Focus Group Discussion), Kajian Pustaka, dan sosialisasi dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak antara lain yaitu tim pengabdian, orang tua, guru, dan kepala sekolah. Tahapan dibagi kedalam beberapa rangkaian, diantaranya pada tahapan pertama adalah Tim Pengadian Masyarakat memberikan materi tentang pola asuh secara umum, dan pola asuh ideal yang bisa digunakan untuk Gen-Alpha terkait tantangan dan solusinya dengan dengan peserta orang tua dan guru PAUD. Tahapan kedua melaksanakan FGD (Forum Group Dicussion), pada tahap FGD terjadi diskusi antara pemateri dan peserta terkait dengan permasalahan dalam melaksanakan dan menerapkan pola asuh yang ideal untuk anak terutama Gen-Alpha. Tahapan Ketiga Tim Pengabdian melakukan diskusi dan pengamatan kepada orang tua dan guru PAUD terkait dengan pola asuh yang sudah di terapkan dan dilaksanakan. Hasil pengabdian ini menunjukan adanya pengetahuan baru bagi orang tua dan guru PAUD tentang petingnya menerapkan pola asuh yang ideal dan sesuai bagi anak Gen-Alpha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novita Sari, Aminah, Eha julaeha, Endiyah Noventi, Ida Holida, Julailah, Kamelia Anis Laudza, Masnawati, Siti Hadijah, Siti Nurhayati, Sunarjati, Yuli Eka Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).