Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD Pada Materi Bangun Datar di SD Swasta RK No. 4 Pematangsiantar

Authors

  • Juli Antasari Br Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sukardo Sitohang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ropinus Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Injen Pardamean Butar-Butar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Esther Sitorus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Gayus Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Leony Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yessi Hans Aprilia Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ropitta Anjelina Manik Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Arwin Tannuary Universitas Murni Teguh
  • Richard Berlien Universitas Murni Teguh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.949

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SD pada materi bangun datar khusunya persegi dan persegi panjang. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 10 November 2022 di di kelas VA SD RK No 4 Pematangsiantar yang beralamat di jalan Tambun Jaya Kel.Siopat Suhu Kec. Siantar Timur Kota Pematangsiantar Sumatera Utara. Kegiatan PkM ini dilaksanakan melalui 3 tahap, yakni: (1) Tahap Persiapan, dalam tahap ini kegiatan diawali dengan melakukan pengamatan di lapangan, wawancara terhadap guru dan kepala sekolah, mempersiapkan perangkat pembelajaran, dan membuat proposal PkM; (2) Tahap Pelaksanaan, dalam tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah tim PkM melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disediakan oleh tim; dan (3) Tahap Akhir, dalam tahap ini, tim PkM melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah terlaksana dengan baik, dan membuat laporan hasil PkM. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan PkM ini diperoleh bahwa sebanyak 83% siswa berada pada kategori tinggi level pemahaman konsepnya, 10% siswa berada pada kategori sedang pemahaman konsepnya, dan 7% siswa berada pada kategori rendah kemampuan pemahaman konsepnya. Kegiatan ini juga mendapat respon yang positif, yakni 100% respon siswa senang terhadap pembelajaran, 93,33% tertarik dengan media pembelajaran dan 6, 66% siswa tidak tertarik dengan media pembelajaran.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Br Sinaga, J. A., Purba, N. A. ., Sitohang, S. ., Sidabutar, R. ., Butar-Butar, I. P. ., Sitorus, E. ., Simarmata, G. ., Purba, L. ., Manurung, Y. H. A. ., Manik, R. A. ., Tannuary, A., & Berlien, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD Pada Materi Bangun Datar di SD Swasta RK No. 4 Pematangsiantar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 345–349. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.949