Sinau Bareng: Model Peningkatan Minat Akademik Siswa Di Putat Gede, Surabaya

Authors

  • Cigi Yemanja Dewantari Siswanto Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.963

Abstract

Minat belajar yang kuat pada tahap awal kehidupan dapat membentuk dasar yang kokoh untuk pengembangan pribadi dan prestasi akademik anak-anak. Program Sinau Bareng dirancang untuk meningkatkan minat belajar siswa yang dikemas dalam bentuk forum belajar bersama di luar lingkungan sekolah bagi anak-anak pada jenjang PAUD dan TK. Tujuan utama dari program ini yaitu menciptakan suasana belajar yang memadai dan menarik sehingga dapat meningkatkan partisipasi, semangat, dan minat belajar anak-anak wilayah Putat Gede dalam dua mata pelajaran kunci, yaitu Bahasa Inggris dan Matematika. Metode kolaboratif yang digunakan dalam program ini melibatkan partisipasi aktif dari anak-anak Putat Gede dan mahasiswa KKN-BBK 68 Universitas Airlangga di Desa Putat Gede. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang merupakan jenis penelitian yang mendeskripsikan dan menganalisis fenomena dan aktivitas sosial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan minat belajar siswa dalam kedua mata pelajaran tersebut, yang termanifestasi dalam tingkat partisipasi yang aktif dan tingkat kehadiran tinggi yang terus meningkat. Diharapkan, melalui kegiatan ini, anak-anak akan mendapatkan dorongan positif dalam belajar, merasa lebih percaya diri dalam mengaplikasikan keterampilan yang mereka pelajari, dan membuka peluang lebih luas bagi perkembangan mereka di masa depan.

 

Kata Kunci: Anak-anak, Belajar, Sinau Bareng

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Siswanto, C. Y. D. . (2024). Sinau Bareng: Model Peningkatan Minat Akademik Siswa Di Putat Gede, Surabaya. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 399–402. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.963