Sinau Bareng: Model Peningkatan Minat Akademik Siswa Di Putat Gede, Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.963Abstract
Minat belajar yang kuat pada tahap awal kehidupan dapat membentuk dasar yang kokoh untuk pengembangan pribadi dan prestasi akademik anak-anak. Program Sinau Bareng dirancang untuk meningkatkan minat belajar siswa yang dikemas dalam bentuk forum belajar bersama di luar lingkungan sekolah bagi anak-anak pada jenjang PAUD dan TK. Tujuan utama dari program ini yaitu menciptakan suasana belajar yang memadai dan menarik sehingga dapat meningkatkan partisipasi, semangat, dan minat belajar anak-anak wilayah Putat Gede dalam dua mata pelajaran kunci, yaitu Bahasa Inggris dan Matematika. Metode kolaboratif yang digunakan dalam program ini melibatkan partisipasi aktif dari anak-anak Putat Gede dan mahasiswa KKN-BBK 68 Universitas Airlangga di Desa Putat Gede. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang merupakan jenis penelitian yang mendeskripsikan dan menganalisis fenomena dan aktivitas sosial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan minat belajar siswa dalam kedua mata pelajaran tersebut, yang termanifestasi dalam tingkat partisipasi yang aktif dan tingkat kehadiran tinggi yang terus meningkat. Diharapkan, melalui kegiatan ini, anak-anak akan mendapatkan dorongan positif dalam belajar, merasa lebih percaya diri dalam mengaplikasikan keterampilan yang mereka pelajari, dan membuka peluang lebih luas bagi perkembangan mereka di masa depan.
Kata Kunci: Anak-anak, Belajar, Sinau Bareng
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cigi Yemanja Dewantari Siswanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).