Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Arsip Digital Oleh Guru Dan Tenaga Kependidikan Di Lembaga PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.1877Abstract
Pengelolaan arsip yang baik merupakan salah satu indikator dalam memastikan efektifitas pekerjaan serta kemajuan sesuatu lembaga. Adanya kemajuan teknologi dalam penyimpanan data, menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan informasi, memudahkan akses data, serta menunjang proses pendidikan. Akan tetapi banyak lembaga seperti lembaga pendidikan masih menemui kendala dalam proses pengarsipan data. Hal ini karena terbatasnya sumber daya manusia, sarana, serta keterampilan penggunaan teknologi. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan pelatihan dan pendampingan pengelolaan arsip digital yang diperuntukan untuk guru dan tenaga kependidikan PAUD di Kota Jambi. Program ini dirancang dengan 4 tahap: identifikasi kebutuhan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat peningkatan keahlian partisipan dalam mengelola arsip digital dari berbagai platform seperti Google Drive dan Dropbox. Kegiatan ini juga memberikan solusi kongkret untuk menunjang administrasi lembaga. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya berhasil meningkatkan keahlian teknologi peserta tetapi juga berkontribusi dalam efisiensi pengelolaan arsip di lembaga pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendra Sofyan, Rizki Surya Amanda, Uswatul Hasni, Tumewa Pangaribuan, Nyimas Muazzomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).