Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Arsip Digital Oleh Guru Dan Tenaga Kependidikan Di Lembaga PAUD

Authors

  • Hendra Sofyan Universitas Jambi
  • Rizki Surya Amanda Universitas Jambi
  • Uswatul Hasni Universitas Jambi
  • Tumewa Pangaribuan Universitas Jambi
  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.1877

Abstract

Pengelolaan arsip yang baik merupakan salah satu indikator dalam memastikan efektifitas pekerjaan serta kemajuan sesuatu lembaga. Adanya kemajuan teknologi dalam penyimpanan data, menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan informasi, memudahkan akses data, serta menunjang proses pendidikan. Akan tetapi banyak lembaga seperti lembaga pendidikan masih menemui kendala dalam proses pengarsipan data. Hal ini karena terbatasnya sumber daya manusia, sarana, serta keterampilan penggunaan teknologi. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan pelatihan dan pendampingan pengelolaan arsip digital yang diperuntukan untuk guru dan tenaga kependidikan PAUD di Kota Jambi. Program ini dirancang dengan 4 tahap: identifikasi kebutuhan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat peningkatan keahlian partisipan dalam mengelola arsip digital dari berbagai platform seperti Google Drive dan Dropbox. Kegiatan ini juga memberikan solusi kongkret untuk menunjang administrasi lembaga. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya berhasil meningkatkan keahlian teknologi peserta tetapi juga berkontribusi dalam efisiensi pengelolaan arsip di lembaga pendidikan.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Sofyan, H. ., Amanda, R. S., Hasni, U. ., Pangaribuan, T. ., & Muazzomi, N. . (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Arsip Digital Oleh Guru Dan Tenaga Kependidikan Di Lembaga PAUD. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 639–643. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.1877