Door To Door Sebagai Upaya Peningkatan Capaian Realisasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Unit Pengelolaan Pajak Daerah Kota Semarang 2

Authors

  • Ira Meiyenti Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Yustisi Harimurti Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Syafiq Dio Rizkiansyah Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Ika Agustina Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Eljawati Eljawati Institut Pemerintahan Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2283

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan mendukung pencapaian target pendapatan daerah di Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah door to door dengan mengunjungi wajib pajak secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini efektif dalam meningkatkan jumlah Surat Pemberitahuan Pajak Kendaraan Bermotor (SPKPPKB) yang disampaikan dan realisasi penerimaan PKB. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar pajak. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ini antara lain adalah sikap wajib pajak yang kurang kooperatif dan keterbatasan sumber daya. Untuk mengatasi kendala tersebut, perlu dilakukan peningkatan koordinasi, pemanfaatan teknologi, dan sosialisasi yang lebih intensif.

Keywords: door to door, Kesadaran Masyarakat, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pendapatan daerah, Pengabdian masyarakat

Downloads

Published

2025-04-03

How to Cite

Meiyenti, I. ., Harimurti, Y. ., Rizkiansyah, S. D. ., Agustina, I., & Eljawati, E. (2025). Door To Door Sebagai Upaya Peningkatan Capaian Realisasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Unit Pengelolaan Pajak Daerah Kota Semarang 2. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 273–282. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2283