Peningkatan Literasi Anak Melalui Kelompok Belajar dan Peningkatan Kebersihan Lingkungan yang Sehat dan Asri Melalui Praktek Gotong Royong yang Berkelanjutan

Authors

  • Bangun Munthe Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Tison Habeahan Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Jesika Enjel Desnaria Sitorus Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Enjelita Simbolon Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Santa Theresia Br Sipayung Universitas HKBP Nommensen, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2300

Abstract

Peningkatan literasi anak merupakan aspek penting dalam perkembangan pendidikan anak usia dini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi adalah melalui pembelajaran kelompok belajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana kelompok belajar dapat berperan dalam meningkatkan literasi anak, serta pengaruh dari peningkatan kebersihan lingkungan yang sehat dan asri yang diterapkan melalui praktik gotong royong yang berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya, kelompok belajar diorganisir dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, serta melibatkan anak-anak dalam kegiatan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman anak terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga dapat mendukung perkembangan literasi mereka melalui pendekatan berbasis kegiatan praktis dan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kebersihan lingkungan dapat menciptakan atmosfer yang mendukung proses belajar, sehingga memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi anak. Selain itu, keterlibatan anak dalam kegiatan gotong royong memberikan kesempatan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kebersamaan. Oleh karena itu, praktik gotong royong yang berkelanjutan di lingkungan sekolah terbukti efektif sebagai sarana untuk mendukung peningkatan literasi anak dan kebersihan lingkungan yang sehat dan asri.

Downloads

Published

2025-03-18

How to Cite

Munthe, B., Habeahan, T. ., Sitorus, J. E. D. ., Simbolon, E. ., & Br Sipayung, S. T. . (2025). Peningkatan Literasi Anak Melalui Kelompok Belajar dan Peningkatan Kebersihan Lingkungan yang Sehat dan Asri Melalui Praktek Gotong Royong yang Berkelanjutan. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 129–136. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2300