Pelatihan Healthy Mind, Body, dan Soul untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Pada Sekolah SMA YLPI Pekanbaru

Authors

  • Nurul Aiyuda Universitas Abdurrab
  • Rini Hartati Universitas Abdurrab
  • Itto Nesyia Nasution Universitas Abdurrab
  • Ratna Sari Universitas Abdurrab
  • Joni Joni
  • Rara Eka Putri Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2308

Abstract

Kesehatan mental, terutama pada remaja akhir-akhir ini menjadi fokus perhatian global yang semakin mendesak dalam dekade terakhir. Kesehatan mental merupakan suatu keadaan kesejahteraan di mana individu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan mengatasi tekanan hidup yang normal, bekerja secara produktif, dan mampu berkontribusi pada komunitasnya. Studi longitudinal terbaru menunjukkan bahwa sekitar 20% remaja global mengalami gangguan mental setiap tahunnya, dengan depresi, kecemasan, dan gangguan perilaku sebagai kondisi yang paling prevalen. Temuan ini menekankan urgensi untuk memahami dan menangani masalah kesehatan mental remaja secara komprehensif dan menjadi salah satu permasalahan yang mendasari terlaksananya pengabdian ini. Pengabdian ini dilaksanakan dalam metode ceramah sebagai pendekatan utama untuk menyampaikan materi pelatihan Healthy Mind, Body, and Soul kepada siswa/siswi SMA YLPI Pekanbaru karena mampu memberikan transfer pengetahuan yang sistematis dan efektif dalam waktu yang relatif singkat. Melalui pengabdian ini, ditemukan bahwa pelatihan Healthy Mind, Body, and Soul memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesejahteraan mental, fisik, dan spiritual siswa SMA YLPI Pekanbaru. Implikasi dari pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pedoman serta pengetahuan baru bagi seluruh pihak sekolah dalam usaha meningkatkan kesadaran dan pehamaman mengenai kesehatan mental.

Downloads

Published

2025-04-03

How to Cite

Aiyuda, N. ., Hartati, R. ., Nasution, I. N. ., Sari, R. ., Joni, J., & Putri, R. E. . (2025). Pelatihan Healthy Mind, Body, dan Soul untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Pada Sekolah SMA YLPI Pekanbaru. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 283–288. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2308