Pengabdian Masyarakat Pelatihan Menghafal Materi Ceramah Khusus di MA Nawa Kartika Selogiri, Wonogiri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2318Abstract
Abstrak
Pondok Pesantren Manba’ul Hikmah di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua yang berperan dalam membentuk generasi muda yang berakhlak serta memiliki pemahaman Islam yang mendalam. Salah satu program unggulannya adalah Santri Khidmah Ramadhan, sebuah program dakwah tahunan yang dirancang untuk membekali santri dengan pengalaman berdakwah secara langsung di tengah masyarakat. Namun, salah satu tantangan yang dihadapi adalah kurangnya keterampilan santri dalam menyampaikan ceramah dengan sistematis dan lancar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode cepat menghafal ceramah guna membantu santri meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan pelatihan dengan menerapkan empat teknik utama, yaitu: (1) impromptu (spontan tanpa persiapan), (2) manuscript (menggunakan teks tertulis), (3) memorized (menghafal secara kata per kata), dan (4) extemporaneous (menggunakan kerangka dan bahan pendukung). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode extemporaneous lebih efektif dalam meningkatkan kefasihan berbicara santri karena memberikan fleksibilitas dalam penyampaian materi. Selain itu, penerapan strategi pengulangan, pemetaan kata kunci, serta latihan bersama teman sejawat terbukti membantu meningkatkan daya ingat santri dalam menghafal ceramah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode cepat menghafal ceramah berkontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri. Oleh karena itu, program pelatihan ini perlu dikembangkan lebih lanjut agar efektivitas dakwah santri di masyarakat semakin meningkat, sekaligus memperkuat peran pesantren sebagai pusat pendidikan dan pembinaan dakwah.
Kata kunci: menghafal, santri, ceramah, dakwah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syaiful Akbar, Sawitri Sawitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).