Transformasi Pengelolaan Masjid: Mewujudkan Masjid Al Ibrahim Al-Aziz Al-Isa sebagai Pusat Ibadah dan Edukasi Masyarakat

Authors

  • Fajar Kholillulloh Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nur Prasetyo Aji Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fuad Hudaya Fatchan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rangga Dhia Majduddin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Trian Gigih Kuncoro Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2326

Abstract

Masjid memiliki peran sentral dalam kehidupan umat Islam, tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai pusat kegiatan sosial, pendidikan, dan dakwah. Namun, pengelolaan masjid yang kurang optimal sering menjadi kendala dalam pemanfaatannya secara maksimal. Masjid Al Ibrahim Al-Aziz Al-Isa, yang sedang dalam tahap pembangunan di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, menghadapi beberapa tantangan, seperti belum terbentuknya tim pengelola yang kompeten, tidak adanya sistem manajemen keuangan yang jelas, serta keterbatasan pendanaan. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas calon pengurus masjid melalui pelatihan manajemen masjid dan keuangan berbasis prinsip syariah, serta pengenalan digitalisasi masjid sebagai media dakwah dan transparansi keuangan. Metode yang digunakan meliputi pelatihan intensif, pendampingan teknis, serta pengembangan media sosial sebagai sarana komunikasi dan penggalangan dana berbasis wakaf digital. Luaran dari program ini mencakup penerapan sistem laporan keuangan, serta optimalisasi media digital untuk mendukung kegiatan masjid. Diharapkan, melalui program ini, Masjid Al Ibrahim Al-Aziz Al-Isa dapat menjadi model masjid yang dikelola secara profesional, transparan, dan berkelanjutan, serta memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat sekitar.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Kholillulloh, F., Nur Prasetyo Aji, Fuad Hudaya Fatchan, Rangga Dhia Majduddin, & Trian Gigih Kuncoro. (2025). Transformasi Pengelolaan Masjid: Mewujudkan Masjid Al Ibrahim Al-Aziz Al-Isa sebagai Pusat Ibadah dan Edukasi Masyarakat. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 111–116. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2326