Pelatihan Peta Timbul Menggunakan Karya Seni Grafis Lukis Dalam Teknik Gores Bagi Kelompok MGMP Geografi Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2334Abstract
Materi geomorfologi membutuhkan visualisasi konkret, salah satunya melalui peta timbul berbasis seni grafis dengan teknik gores. Guru geografi SMA di Kota Langsa selama ini hanya menggunakan PowerPoint dan peta timbul dari bubur kertas, tanpa inovasi baru. Mereka mengharapkan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bentuk muka bumi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan peta timbul sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. elatihan pembuatan peta timbul menggunakan teknik gores dalam seni grafis dilaksanakan dalam tiga tahap utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil. Tahap persiapan mencakup survei, penentuan lokasi dan sasaran, serta penyusunan materi. Pelaksanaan pelatihan dilakukan melalui metode ceramah, tanya jawab, dan latihan bersama, dengan langkah-langkah seperti identifikasi silabus, pembuatan peta timbul, dan uji coba oleh guru. Kegiatan berlangsung pada 14 Oktober 2023 di Universitas Samudra dengan peserta dari MGMP Geografi SMA Kota Langsa. Setelah pelatihan, media hasil kegiatan diserahkan kepada MGMP sebagai bentuk implementasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Suciani, Furqan Ishak Aksa, Reni Nuryanti, M Taufik Rahmadi, Desy Irafadhillah Effendi, Cut Vita Rajiatul Jummi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).