Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru SDN 144 Pekanbaru

Authors

  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau
  • Asnawi Asnawi Universitas Islam Riau
  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau
  • Riva Gusnaida Universitas Islam Riau
  • Adelia Yoawa Iswayani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2342

Abstract

Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi bagi guru SDN 144 Pekanbaru bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kesiapan belajar siswa. Pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga tahap utama: observasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap observasi, dilakukan survei kebutuhan yang menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum memahami konsep pembelajaran berdiferensiasi namun mengalami kesulitan dalam implementasinya. Tahap pelaksanaan melibatkan pelatihan dan pendampingan membahas konsep dasar, simulasi penerapan dalam modul pembelajaran. Evaluasi dilakukan melalui tes pemahaman dan angket tindak lanjut, yang menunjukkan peningkatan pemahaman guru dari 60% menjadi 90%. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru memiliki antusiasme tinggi dalam mengadopsi strategi pembelajaran berdiferensiasi. Namun, beberapa kendala masih ditemukan, seperti kesulitan dalam menyesuaikan konten dan proses pembelajaran dengan waktu yang terbatas. Selain itu, siswa memberikan respons positif terhadap metode ini, karena lebih sesuai dengan gaya belajar mereka. Sebagai tindak lanjut, dirancang program mentoring dan komunitas belajar guru untuk memastikan implementasi yang berkelanjutan. Pelatihan ini membuktikan bahwa dengan dukungan yang tepat, guru dapat meningkatkan keterampilan mengajar mereka dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif bagi semua siswa

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Dafit, F., Asnawi, A., Lingga, L. J. ., Gusnaida, R. ., & Iswayani, A. Y. . (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru SDN 144 Pekanbaru. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 229–236. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2342