Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru SDN 144 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2342Abstract
Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi bagi guru SDN 144 Pekanbaru bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kesiapan belajar siswa. Pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga tahap utama: observasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap observasi, dilakukan survei kebutuhan yang menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum memahami konsep pembelajaran berdiferensiasi namun mengalami kesulitan dalam implementasinya. Tahap pelaksanaan melibatkan pelatihan dan pendampingan membahas konsep dasar, simulasi penerapan dalam modul pembelajaran. Evaluasi dilakukan melalui tes pemahaman dan angket tindak lanjut, yang menunjukkan peningkatan pemahaman guru dari 60% menjadi 90%. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru memiliki antusiasme tinggi dalam mengadopsi strategi pembelajaran berdiferensiasi. Namun, beberapa kendala masih ditemukan, seperti kesulitan dalam menyesuaikan konten dan proses pembelajaran dengan waktu yang terbatas. Selain itu, siswa memberikan respons positif terhadap metode ini, karena lebih sesuai dengan gaya belajar mereka. Sebagai tindak lanjut, dirancang program mentoring dan komunitas belajar guru untuk memastikan implementasi yang berkelanjutan. Pelatihan ini membuktikan bahwa dengan dukungan yang tepat, guru dapat meningkatkan keterampilan mengajar mereka dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif bagi semua siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febrina Dafit, Asnawi Asnawi, Leny Julia Lingga, Riva Gusnaida, Adelia Yoawa Iswayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).