School Readiness: Peran Stimulasi dan Kolaborasi Orang Tua-Sekolah dalam transisi PAUD ke SD

Authors

  • Maulida Nur Universitas Bina Bangsa
  • Selly Ardelia Universitas Bina Bangsa
  • Pipit Safitri Universitas Bina Bangsa
  • Lailatur Rahmi Universitas Bina Bangsa
  • Dwi Linawati Universitas Bina Bangsa
  • Santimah Santimah Universitas Bina Bangsa
  • Haerotunisa Haerotunisa Universitas Bina Bangsa
  • Intan Susanti Universitas Bina Bangsa
  • Dede Milawati Universitas Bina Bangsa
  • Saniati Saniati Universitas Bina Bangsa
  • Tia Malinda Universitas Bina Bangsa
  • Siti Rofikoh Universitas Bina Bangsa
  • Eli Nurlaely Universitas Bina Bangsa
  • Mumuy Muyasaroh Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2359

Abstract

Masa transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan fase krusial dalam perkembangan anak. Tidak semua anak dapat langsung beradaptasi dengan perubahan ini, sehingga diperlukan persiapan yang matang, baik secara emosional, sosial, maupun kognitif. Gerakan Transisi PAUD ke SD yang diluncurkan oleh Kemenristekdikbud bertujuan untuk menciptakan pengalaman transisi yang menyenangkan bagi anak-anak. Namun, keberhasilan transisi ini sangat bergantung pada kolaborasi antara orang tua, guru, dan lingkungan sekolah. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua dan pendidik mengenai pentingnya kesiapan anak dalam menghadapi masa transisi. Fokus utama yang dibahas adalah stimulasi 6 pondasi dasar kesiapan sekolah, Metode yang digunakan dalam Sosialisasi ini mencakup survei, sosialisasi, dan diskusi interaktif yang melibatkan orang tua dan guru. Hasil dari Sosialisasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai konsep kesiapan sekolah serta strategi praktis dalam mendampingi anak selama masa transisi. Dengan adanya kolaborasi yang baik antara orang tua dan guru, diharapkan anak-anak dapat menghadapi fase transisi ini dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Nur, M., Ardelia, S. ., Safitri, P. ., Rahmi, L., Linawati, D. ., Santimah, S., Haerotunisa, H., Susanti, I. ., Milawati, D. ., Saniati, S., Malinda, T. ., Rofikoh, S. ., Nurlaely, E. ., & Muyasaroh, M. . (2025). School Readiness: Peran Stimulasi dan Kolaborasi Orang Tua-Sekolah dalam transisi PAUD ke SD. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 596–600. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2359