Pengaruh Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2369Abstract
Pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD) seringkali menghadapi tantangan, terutama dalam memahami konsep-konsep dasar yang dianggap sulit oleh siswa. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti flashcard, telah diusulkan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuasi-eksperimental dengan kelompok eksperimen yang menggunakan flashcard dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan flashcard mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika dasar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mendukung teori pembelajaran visual dan konstruktivisme, yang menunjukkan bahwa media visual seperti flashcard dapat meningkatkan pengolahan informasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Implikasi penelitian ini adalah penggunaan flashcard dapat diterapkan sebagai metode alternatif yang efektif dalam pembelajaran matematika di kelas 3 SD, dengan potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan teknologi flashcard digital dan penerapannya dalam konteks pembelajaran yang lebih kompleks
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Athoillah, Framz Hardiansyah, Ahmad Shiddiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).