Pengaruh Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Achmad Athoillah PGSD STKIP PGRI SUMENEP
  • Framz Hardiansyah PGSD STKIP PGRI SUMENEP
  • Ahmad Shiddiq PGSD STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2369

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD) seringkali menghadapi tantangan, terutama dalam memahami konsep-konsep dasar yang dianggap sulit oleh siswa. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti flashcard, telah diusulkan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuasi-eksperimental dengan kelompok eksperimen yang menggunakan flashcard dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan flashcard mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika dasar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mendukung teori pembelajaran visual dan konstruktivisme, yang menunjukkan bahwa media visual seperti flashcard dapat meningkatkan pengolahan informasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Implikasi penelitian ini adalah penggunaan flashcard dapat diterapkan sebagai metode alternatif yang efektif dalam pembelajaran matematika di kelas 3 SD, dengan potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan teknologi flashcard digital dan penerapannya dalam konteks pembelajaran yang lebih kompleks

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Athoillah, A., Hardiansyah, F. ., & Shiddiq, A. . (2025). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 145–153. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2369