Identifikasi Program Pokok Peningkatan Literasi Digital Siswa Studi Kasus SDN Pabian IV Kabupaten Sumenep

Authors

  • Nurul Izzah PGSD STKIP PGRI SUMENEP
  • Zainuddin Zainuddin PGSD STKIP PGRI SUMENEP
  • Jamilah Jamilah PGSD STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2372

Abstract

Arus perkembangan teknologi digital membawa perubahan signifikan dibidang pendidikan, sigmen penting dalam kontek pendidikan diukur dengan peningakatan literasi siswa yang sudah mengarah pada literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program pokok yang berkontribusi dalam peningkatan literasi digital siswa di SDN Pabian IVKabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru yang melaksanakan pembelajaran digital, termasuk analisis dokumen kebijakan sekolah pada kontek literasi digital untuk memperkaya temuan penelitian. Hasil penelitian mengdentifikasi terahdap program pook peningkatan literasi digital siswa yaitu: 1) ketersediaan fasilitas fasilitas literasi digital, 2) peningkatan kemampuan literasi digital, 3) mengembangkan konten kreatif dalam pembelajaran. Temuan penelitian membuka rekomendasi, harapan dan menjadi referensi bagi pemanagku kebijakan dalam mewujudkan dan mengembangkan peningkatan literasi digital siswa di tingkat sekolah dasar

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Izzah, N., Zainuddin, Z., & Jamilah, J. (2025). Identifikasi Program Pokok Peningkatan Literasi Digital Siswa Studi Kasus SDN Pabian IV Kabupaten Sumenep. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 154–158. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2372