Identifikasi Program Pokok Peningkatan Literasi Digital Siswa Studi Kasus SDN Pabian IV Kabupaten Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2372Abstract
Arus perkembangan teknologi digital membawa perubahan signifikan dibidang pendidikan, sigmen penting dalam kontek pendidikan diukur dengan peningakatan literasi siswa yang sudah mengarah pada literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program pokok yang berkontribusi dalam peningkatan literasi digital siswa di SDN Pabian IVKabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru yang melaksanakan pembelajaran digital, termasuk analisis dokumen kebijakan sekolah pada kontek literasi digital untuk memperkaya temuan penelitian. Hasil penelitian mengdentifikasi terahdap program pook peningkatan literasi digital siswa yaitu: 1) ketersediaan fasilitas fasilitas literasi digital, 2) peningkatan kemampuan literasi digital, 3) mengembangkan konten kreatif dalam pembelajaran. Temuan penelitian membuka rekomendasi, harapan dan menjadi referensi bagi pemanagku kebijakan dalam mewujudkan dan mengembangkan peningkatan literasi digital siswa di tingkat sekolah dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Izzah, Zainuddin Zainuddin, Jamilah Jamilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).