Peningkatan Literasi Siswa Melalui Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar di Era Digital

Authors

  • Juliper Nainggolan Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Dandri Harapenta Tarigan Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Mita Patri Wika Habayahan Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Nissi WF Manalu Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Julinar Tamba Universitas HKBP Nommensen, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2390

Abstract

Era digital saat ini menuntut adanya perubahan dalam metode pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap minat belajar siswa, termasuk peningkatan literasi siswa melalui pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis data kualitatif dari berbagai sumber terkait penerapan teknologi dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi, seperti platform pembelajaran digital, aplikasi interaktif, dan media sosial, secara signifikan dapat meningkatkan literasi siswa serta menumbuhkan minat belajar. Teknologi tidak hanya memfasilitasi akses informasi yang lebih luas, tetapi juga membuat proses pembelajaran lebih menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital dan kurangnya pelatihan guru dalam menggunakan teknologi masih perlu diatasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi dan minat belajar siswa, asalkan didukung oleh infrastruktur yang memadai dan pelatihan yang berkelanjutan bagi pendidik.

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Nainggolan, J. ., Tarigan, D. H. ., Habayahan, M. P. W. ., Manalu, N. W. ., & Tamba, J. . (2025). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar di Era Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 243–249. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2390