Pengembangan Taman Baca Sebagai Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Literasi dan Numerasi Siswa MDTA Al-Islamiyah Pangkalan Batang Barat

Authors

  • Siti Quratul Ain Ain Universitas Islam Riau
  • Fitriyeni Fitriyeni Universitas Islam Riau
  • Laili Rahmi Universitas Islam Riau
  • Reka Miftahul Hayati Universitas Islam Riau
  • Zaki Triadi Putra Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2393

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan taman baca sebagai sumber belajar guna meningkatkan literasi dan numerasi siswa di MDTA dan TPQ Al-Islamiyah Pangkalan Batang Barat. Kegiatan ini meliputi sosialisasi pentingnya budaya literasi, pendampingan pembentukan taman baca, serta penyediaan bahan bacaan edukatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa taman baca mampu meningkatkan minat baca siswa dan memberikan akses terhadap sumber belajar yang lebih variatif. Dengan adanya taman baca, siswa dapat mengembangkan kemampuan membaca dan berpikir numerik secara lebih optimal. Selain itu, keterlibatan guru dan masyarakat dalam pengelolaan taman baca turut berkontribusi terhadap keberlanjutan program ini. PKM ini diharapkan dapat menjadi model pengembangan literasi berbasis komunitas yang berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Ain, S. Q. A., Fitriyeni, F., Rahmi, L. ., Hayati, R. M. ., & Putra, Z. T. . (2025). Pengembangan Taman Baca Sebagai Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Literasi dan Numerasi Siswa MDTA Al-Islamiyah Pangkalan Batang Barat . Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 192–196. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2393