Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Bhakti Praja Dukuhwaru Dalam Menggunakan Aplikasi Perkantoran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2395Abstract
Pendidikan di Indonesia telah mengalami kemajuan yang signifikan. Langkah pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan berkualitas dinilai positif untuk mensukseskan tujuan pembangunan berkelanjutan. SMK Bhaktipraja Dukuhwaru merupakan sekolah yang mempunyai visi selalu mengikuti berbagai program yang sudah diluncurkan pemerintah yg bertujuan untuk mewujudkan lulusan yang kompeten yang dapat memenuhi kebutuhan industri. Bagi lulusan yang ingin mengembangkan karir di sektor perkantoran hendaknya menguasai aplikasi-aplikasi yang dipakai di perkantoran. Aplikasi yang perlu dikuasi adalah Microsoft Office, Metode tutorial dan praktik digunakan untuk memberikan pemahaman tentang seting penomoran otomatis, daftar pustaka otomatis, insert table/gambar, serta rumus rumus dasar yang ada pada Microsoft word,metode tanya jawab juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para peserta pelatihan terhadap materi yang telah diberikan, Tingkat pemahaman tertinggi terdapat pada materi pengenalan fitur dasar dengan 90%, menunjukkan bahwa mayoritas siswa mampu mengoperasikan fungsi dasar Microsoft Word.pada materi format dan pengeditan dokumen, pemahaman siswa sedikit lebih rendah dengan 80%. pemahaman terhadap fungsi lanjutan yang hanya mencapai 67% menunjukkan bahwa siswa memerlukan pendalaman lebih dalam materi ini karena kompleksitasnya yang lebih tinggi. dapat disimpulkan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan aplikasi perkantoran khususnya Microsoft Word.serta dapat menyusun proposal kegiatan dengan baik dan benar. Namun diharapkan dapat melakukan pengulangan pada fungsi lanjutan serta praktik tambahan dengan studi kasus akan membantu siswa memahami, serta perlu kiranya dilakukan pelatihan berkelanjutan pada pengurus OSIS agar mampu meningkatkan ketrampilan.
Kata Kunci: Pelatihan, Aplikasi perkantoran, OSIS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Bakhar, Wildani Eko Nugroho, Arif Rakhman, M. Teguh Prihandoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).