Menghadapi Masa Depan dengan Optimis: Edukasi Perencanaan Karier Berbasis Kecerdasan Majemuk
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2405Abstract
Masa remaja merupakan periode krusial dalam pembentukan karakter dan arah hidup seseorang. Siswa SMA, khususnya siswa Rohani Kristen di SMA Negeri 36 Jakarta, menghadapi berbagai tantangan seperti tekanan akademik dan persaingan masuk perguruan tinggi, yang dapat memengaruhi optimisme mereka dalam menatap masa depan. Untuk membantu siswa merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik, SMA Negeri 36 Jakarta bekerja sama dengan Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (Prodi BK FKIP UKI) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema "Menghadapi Masa Depan dengan Optimis". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang potensi mereka dalam mencapai masa depan. Kegiatan PkM ini melibatkan 25 siswa kelas XII Rohani Kristen dan dilaksanakan pada 14 Maret 2025 di ruang komputer SMA Negeri 36 Jakarta. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan diri dan potensi, teori kecerdasan majemuk dan fungsi otak, serta analisis SWOT. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang potensi mereka setelah mengikuti PkM. Siswa menjadi lebih memahami tentang jenis-jenis kecerdasan, peluang, dan ancaman yang mungkin mereka hadapi dalam mencapai masa depan. Namun, masih ada beberapa siswa yang kurang percaya diri dalam mengekspresikan diri. Sebagai tindak lanjut, disarankan untuk mengadakan kegiatan serupa dengan tema kepercayaan diri atau konsep diri, serta melakukan evaluasi berkelanjutan untuk mengukur dampak jangka panjang dari kegiatan ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eustalia Wigunawati, Ronny Gunawan, Renatha Ernawati, Andreas Rian Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).