Pengaruh Media Papan Flanel Berbasis Positif Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia DI SDN Kropoh ll

Authors

  • Siti Nurbaya PGSD STKIP PGRI SUMENEP
  • Zainuddin Zainuddin PGSD STKIP PGRI SUMENEP
  • Syaiful Bahri PGSD STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media papan flanel berbasis positive reinforcement terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kropoh II dengan populasi seluruh siswa kelas II yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05, memperoleh nilai probabilitas 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca siswa setelah menggunakan media papan flanel berbasis positive reinforcement. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan media papan flanel yang dikombinasikan dengan teknik positive reinforcement efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Nurbaya, S. ., Zainuddin, Z., & Bahri, S. . (2025). Pengaruh Media Papan Flanel Berbasis Positif Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia DI SDN Kropoh ll. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 259–266. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2406