Pengaruh Media Papan Flanel Berbasis Positif Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia DI SDN Kropoh ll
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2406Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media papan flanel berbasis positive reinforcement terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kropoh II dengan populasi seluruh siswa kelas II yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05, memperoleh nilai probabilitas 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca siswa setelah menggunakan media papan flanel berbasis positive reinforcement. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan media papan flanel yang dikombinasikan dengan teknik positive reinforcement efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurbaya, Zainuddin, Syaiful Bahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).