Pembinaan dan Pengabdian Masyarakat Mengenai Strategi Kewirausahaan Bagi Pedagang Ice Cream Di Kawasan Universitas Sumatera Utara

Authors

  • Hamdi Hamdi Universitas Sumatera Utara
  • Franklin Asido Rossevelt Universitas Sumatera Utara
  • Simson Ginting Universitas Sumatera Utara
  • M. Syafii Universitas Sumatera Utara
  • Februati Trimurni Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2407

Abstract

Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan pedagang es krim di kawasan Universitas Sumatera Utara (USU) dengan meningkatkan keterampilan kewirausahaan mereka. Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan ini menghadapi tantangan utama seperti keterbatasan pengetahuan dalam pengelolaan keuangan, pemasaran yang efektif, serta inovasi produk. Untuk mengatasi tantangan tersebut, proyek ini memberikan pelatihan praktis mengenai manajemen keuangan yang baik, pemasaran digital yang tepat sasaran, serta pengembangan produk yang menarik dan sesuai dengan tren pasar. Selain itu, sosialisasi mengenai pentingnya penggunaan teknologi dalam pemasaran dan manajemen usaha juga dilakukan untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif. Pendampingan intensif diadakan untuk memastikan bahwa pedagang dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam operasional sehari-hari mereka. Dengan demikian, tujuan utama dari proyek ini adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan membantu pedagang dalam mengelola usaha mereka secara lebih profesional dan berkelanjutan. Diharapkan, dengan pemberdayaan ini, perekonomian lokal akan semakin kuat, dan tercipta lebih banyak peluang kerja bagi masyarakat melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan yang ada di lingkungan kampus dan sekitarnya.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Hamdi, H., Rossevelt, F. A., Ginting, S. ., M. Syafii, & Trimurni, F. . (2025). Pembinaan dan Pengabdian Masyarakat Mengenai Strategi Kewirausahaan Bagi Pedagang Ice Cream Di Kawasan Universitas Sumatera Utara. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 571–580. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2407