How Housewives can use Personal Branding to Score a Side Hustle?

Authors

  • Dita Dismalasari Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Wenny Restikasari Universitas Negeri Surabaya
  • Hendry Cahyono Universitas Negeri Surabaya
  • Prayudi Setiawan Prabowo Universitas Negeri Surabaya
  • Dandi Fernanda Universitas Negeri Surabaya
  • Salva Putri Maulida Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2449

Abstract

Wanita memiliki peran penting dalam keluarga, terutama sebagai istri dan ibu rumah tangga, namun peran ini terus berkembang seiring perubahan sosial, ekonomi, dan budaya. Perubahan terbesar terlihat pada ibu rumah tangga yang memilih bekerja untuk mendukung ekonomi keluarga, menjadikannya lebih mandiri dan berdaya. Meskipun demikian, masih banyak ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan bergantung pada penghasilan suami, yang sering kali membuat mereka rentan secara sosial dan ekonomi. Data menunjukkan bahwa partisipasi perempuan dalam angkatan kerja di Indonesia masih rendah, hanya sekitar 54,2% pada 2022, dengan sebagian besar bekerja di sektor informal dan sedikit yang menempati posisi kepemimpinan. Di tengah perkembangan teknologi digital, ibu rumah tangga memiliki peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan dari rumah, misalnya sebagai content creator atau freelancer dengan memanfaatkan media sosial dan Internet of Things (IoT). Namun, kurangnya literasi tentang personal branding menjadi kendala bagi ibu rumah tangga untuk memanfaatkan peluang ini. Personal branding dapat membantu mereka membangun reputasi profesional di dunia digital, sehingga dapat menambah penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah. Penelitian ini difokuskan pada ibu rumah tangga di Desa Tawangsari, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, yang berjumlah 1.500 orang. Dengan pelatihan personal branding, ibu rumah tangga di desa ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, membangun profil diri yang menarik, serta memanfaatkan media sosial untuk peluang kerja seperti content creator, affiliate, dan freelancer. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu mereka meningkatkan taraf hidup, mendukung ekonomi keluarga, dan mengurangi ketergantungan pada pekerjaan di luar negeri sebagai tenaga kerja wanita (TKW).

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Dewi, D. D. ., Restikasari , W., Cahyono , H. ., Prabowo, P. S., Fernanda, D. ., & Maulida, S. P. (2025). How Housewives can use Personal Branding to Score a Side Hustle?. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 581–587. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2449