Program Penguatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) SD Alam Karawang (Sekolah Alam)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2451Abstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di SD Alam Amani Karawang. PjBL adalah metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengatasi masalah nyata melalui proyek yang terintegrasi dengan kurikulum. Program ini melibatkan pelatihan intensif untuk guru mengenai konsep dasar PjBL, teknik merancang proyek, serta asesmen berbasis PjBL yang meliputi asesmen formatif dan sumatif. Selain itu, program ini juga menekankan pentingnya keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam mendukung pembelajaran berbasis proyek. Melalui pelatihan dan pendampingan langsung, guru diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang proyek yang relevan dengan konteks lokal dan mendukung keterampilan abad ke-21 pada siswa. Hasil survei sebelum dan sesudah pelaksanaan program menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep PjBL, kemampuan merancang proyek, keterampilan asesmen, serta kepercayaan diri guru dalam melaksanakan PjBL di kelas. Selain itu, keterlibatan orang tua dan komunitas juga mengalami peningkatan, yang memperkuat pelaksanaan PjBL. Program ini menunjukkan bahwa penguatan kompetensi guru dalam PjBL dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran dan pengembangan keterampilan sosial serta akademik siswa, serta mendorong terciptanya kolaborasi yang lebih erat antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Penguatan Kompetensi Guru, Asesmen PjBL, Kolaborasi Orang Tua, Keterlibatan Komunitas, Keterampilan Abad ke-21, SD Alam Amani Karawang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rian Permana Suryadipraja; Rahman Tanjung; Asep Supriatna, Vina Febiani Musyadad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).