Edukasi Kualitas unggul Daging Ayam Upaya Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Sofiati Sofiati STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Sri Hartati Candra Dewi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Yenni Kurnia Gusti STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Ary Sutrischastini STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Linawati Linawati STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Nur Widiastuti STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2466

Abstract

Persaingan pedagang  daging ayam semakin ketat mengakibatkan penjualan menurun sehingga hal ini menjadi permasalahan yang dihadapi para pedagang daging ayam di sepanjang jalan Tegalturi Giwangan Umbulhardjo Yogyakarta. Tujuan  pengabdian ini untuk memfasilitasi edukasi dan pelatihan literasi daging ayam yang dijajakan berkualitas unggul dan berdampak mendongkrak penjualan. Metode kegiatan melalui beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan monev. Lokasi di tempat usaha dilaksanakan pada tanggal 2 Mei dan 3 Juni 2024. Hasil pelaksanaan edukasi mendapat respon yang menggembirakan Mitra hal ini dilihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka sampaikan , mitra telah memiliki literasi kualitas unggul daging ayam. Hal ini bisa dilihat dari indikator daging ayam yang dijajakan memenuhi standar kualitas daging ayam yang higienis yaitu ada penutup plastik . Standar Halal  berhasil dipenuhi dengan cara mitra dalam menyembelih ayam telah memenuhi syariat agama. Mitra dan Tim mengadakan refleksi dan evaluasi yang hasilnya positif  yaitu 3 dari 4 mitra telah memahami dan berhasil  menerapkan edukasi 75%. Hal tersebut ditunjukkan  dari perbandingan hasil penjualan sebelum edukasi rata rata per hari 10 kg , paska edukasi penjualan meningkat menjadi penjualan rata rata 13 kg (30%) per hari. Dengan meningkatnya hasil penjualan  tersebut menjadi indikator keberhasil kegiatan pengabdian .

 

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Sofiati, S., Dewi, S. H. C. ., Gusti, Y. K. ., Sutrischastini, A. ., Linawati, L. ., & Widiastuti , N. . (2025). Edukasi Kualitas unggul Daging Ayam Upaya Meningkatkan Penjualan. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 644–649. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2466