Edukasi Pemanfaatan Artificial Intelligencess Deepseek Dan Canva Bagi Mahasiswa Baru Dalam Membuat Media Presentasi Materi Perkuliahan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2469Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengedukasi mahasiswa baru tentang pemanfaatan AI DeepSeek dan Canva dalam membuat media presentasi materi perkuliahan yang efektif, menarik, dan profesional. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa baru dalam memanfaatkan teknologi tersebut, sehingga mereka dapat menyajikan materi perkuliahan dengan lebih baik dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan pendekatan pelatihan dan pelatihan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa baru mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan menyusun konten dan mendesain media presentasi setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, mahasiswa memberikan respons positif terhadap pelatihan, menganggap DeepSeek dan Canva sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas presentasi mereka. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa edukasi pemanfaatan AI DeepSeek dan Canva dapat menjadi solusi inovatif bagi mahasiswa baru dalam menghadapi tuntutan akademik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh. Solehuddin, Agus Riyanto, Hamzah Puadi Ilyas, Syaadiah Arifin, Muhammad Arsyad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).