Optimalisasi Pemanfaatan Asesmen Kebutuhan untuk Layanan Bimbingan dan Konseling Berdiferensiasi di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Kudus

Authors

  • Edris Zamroni Universitas Muria Kudus
  • Gudnanto Gudnanto Universitas Muria Kudus
  • Siwi Vilia Intan Sari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2485

Abstract

Pelatihan dan pendampingan pemanfaatan asesmen kebutuhan layanan bimbingan dan konseling (BK) berdiferensiasi merupakan upaya penting dalam meningkatkan kualitas layanan BK di sekolah. Latar belakang kegiatan ini adalah perlunya guru BK memiliki pemahaman dan keterampilan yang memadai dalam mengidentifikasi kebutuhan layanan BK siswa yang beragam. Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan dan pendampingan yang telah dilaksanakan di Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMP Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan adalah analisis komparatif skor penguasaan asesmen sebelum dan sesudah pelatihan pada enam indikator, yaitu penguasaan konsep asesmen, pemahaman manfaat instrumen asesmen, pengetahuan tentang interpretasi hasil asesmen, keterampilan menggunakan instrumen asesmen, pengalaman pemanfaatan asesmen di sekolah, dan hasil identifikasi variasi karakter peserta didik. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor rata-rata keseluruhan penguasaan asesmen dari 63 menjadi 118,1. Peningkatan tertinggi tercatat pada indikator pengetahuan interpretasi hasil, keterampilan menggunakan instrumen, dan identifikasi karakter peserta didik. Simpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan efektif dalam meningkatkan kompetensi guru BK dalam pemanfaatan asesmen kebutuhan layanan BK berdiferensiasi. Implikasi untuk pelatihan dan pendampingan selanjutnya adalah perlunya mempertahankan fokus pada area yang meningkat signifikan dan memberikan perhatian lebih pada area yang peningkatannya relatif kecil, dengan penyesuaian materi dan metode yang lebih menekankan pada aplikasi praktis serta dukungan berkelanjutan bagi guru BK.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Zamroni, E., Gudnanto, G., & Sari, S. V. I. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan Asesmen Kebutuhan untuk Layanan Bimbingan dan Konseling Berdiferensiasi di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Kudus. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 650–659. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2485