Pelatihan Dinamika Kelompok Dalam Program Bimbingan Dan Konseling Bagi Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak Provinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2527Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar peserta dapat menyelenggarakan dinamika kelompok dalam program Bimbingan dan Konseling bagi siswa di Sekolah Dasar. Bimbingan dan Konseling ini dapat membantu menyelesaikan atau mencegah permasalahan pada siswa di sekolah maupun dalam keluarga. Adapun metode penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah ceramah, demontrasi dan latihan sederhana dalam menerapkan dinamika kelompok dalam program bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru Sekolah Dasar bagi siswa di sekolah. Sasaran kegiatan pelatihan dalam mengiplementasikan program bimbingan dan konseling melalui dinamika kelompok ini adalah para guru pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Kerinci Kanan. Sistematika rencana kegiatan (a) guru pendidikan Sekolah Dasar memahami konsep dasar bimbingan dan konseling, (b) konsep dasar dinamika kelompok di Sekolah Dasar, (c) Praktik sederhana pelaksanaan program bimbingan dan konseling (jenis-jenis pelayanan BK) yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah dasar (d) Diskusi dan tanya jawab untuk membahas dan menjelaskan hal-hal yang kurang dipahami oleh peserta sebagai umpan balik bagi pelatih
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siska Mardes, Isnariah Rizki Hayati, Donal, Fadhila Rahman, Kiki Mariah, Munawir , Elni Yakub, Tessa Sessio Mentiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).