Pelatihan Dinamika Kelompok Dalam Program Bimbingan Dan Konseling Bagi Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak Provinsi Riau

Authors

  • Siska Mardes Universitas Riau
  • Isnariah Rizki Hayati Universitas Riau
  • Donal Donal Universitas Riau
  • Fadhila Rahman Universitas Riau
  • Kiki Mariah Universitas Riau
  • Munawir Munawir Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau
  • Tessa Sessio Mentiana Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2527

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar peserta dapat menyelenggarakan dinamika kelompok dalam program Bimbingan dan Konseling bagi siswa di Sekolah Dasar. Bimbingan dan Konseling ini dapat membantu menyelesaikan atau mencegah permasalahan pada siswa di sekolah maupun dalam keluarga. Adapun metode penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah ceramah, demontrasi dan latihan sederhana dalam menerapkan dinamika kelompok dalam program bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru Sekolah Dasar bagi siswa di sekolah. Sasaran kegiatan pelatihan dalam mengiplementasikan program bimbingan dan konseling melalui dinamika kelompok ini adalah para guru pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Kerinci Kanan. Sistematika rencana kegiatan (a) guru pendidikan Sekolah Dasar memahami konsep dasar bimbingan dan konseling, (b) konsep dasar dinamika kelompok di Sekolah Dasar, (c) Praktik sederhana pelaksanaan program bimbingan dan konseling (jenis-jenis pelayanan BK) yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah dasar (d) Diskusi dan tanya jawab untuk membahas dan menjelaskan hal-hal yang kurang dipahami oleh peserta sebagai umpan balik bagi pelatih

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Mardes, S. ., Hayati , I. R., Donal, D., Rahman, F. ., Mariah, K. ., Munawir, M., Yakub, E. ., & Mentiana, T. S. . (2025). Pelatihan Dinamika Kelompok Dalam Program Bimbingan Dan Konseling Bagi Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak Provinsi Riau. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2527