Pelatihan Pengajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2530Abstract
Pendidikan bahasa Indonesia pada tingkat sekolah dasar memegang peranan krusial dalam membentuk keterampilan literasi dasar siswa, yang meliputi kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Namun, metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan berpusat pada guru membuat siswa kurang aktif dan mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas pelatihan pengajaran bahasa Indonesia dengan metode interaktif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa sekolah dasar. Metode interaktif yang diterapkan melibatkan aktivitas pembelajaran berbasis permainan, diskusi, dan pemanfaatan teknologi digital, yang diintegrasikan melalui pelatihan intensif bagi guru dan implementasi langsung di kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca dan menulis siswa, peningkatan partisipasi aktif dalam pembelajaran, serta tingkat kepuasan guru yang tinggi terhadap suasana belajar yang lebih menarik dan dinamis. Kendala seperti keterbatasan fasilitas teknologi dan waktu persiapan guru juga teridentifikasi, namun pelatihan berkelanjutan dan dukungan fasilitas dinilai efektif untuk mengatasi hambatan tersebut. Studi ini menegaskan bahwa metode interaktif yang didukung dengan pelatihan guru dan teknologi pembelajaran mampu meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Indonesia sekaligus memperkuat keterampilan literasi siswa di sekolah dasar. Rekomendasi keberlanjutan meliputi evaluasi rutin, pendampingan berkelanjutan, serta pengembangan komunitas belajar guru agar dampak positif metode ini dapat terjaga secara konsisten.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Hana Pebriana, Nurhaswinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).