Pelatihan Teknik Gerak Dasar Tari Melayu Bagi Siswa SMKN 1 Sukadana
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2545Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan siswa SMKN 1 Sukadana terhadapa teknik gerak Melayu yang ada di Kalimantan Barat. Peserta pelatihan adalah siswa SMKN 1 Sukadana berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen FKIP UNTAN Pendidikan Seni Pertunjukan pada pelatihan gerak dasar tari Melayu di SMKN 1 Sukadana berjalan efisien sesuai dengan tujuan kegiatan. Peserta antusias dan aktif dalam setiap kegiatan, guru menyatakan bahwa kegiatan ini sangat baik sebagai dasar pengembangan gerak tradisi Melayu dengan menguasai Teknik gerak dasarnya terlebih dahulu. Mereka mampu menguasai teknik gerak dasar Melayu dengan menunjukan cara menari yang benar. Pemateri juga mencarikan gerak yang sesuai dan mudah diimitasi siswa dengan musik iringan yang berasal dari pola-pola tabuhan beruas, sehingga kedepannya diharapkan siswa tidak lagi kesulitan untuk mengikuti atau belajar tari bentuk tradisi Melayu pada satu rangkaian tari serta mengembangkan gerak tradisi menjadi tari kreasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Oktariani, Egi Putri Grandena, Nurmila Sari Djau

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).